PROFIL LULUSAN
Kompetensi Utama Lulusan :
Menghasilkan pendidik pada mata pelajaran Matematika di tingkat MTs/SMP dan MA/SMA/SMK yang berkepribadian baik, berpengetahuan luas dan mutakhir, berkemampuan dalam melaksanakan tugas pembelajaran yang mendidik dan bertanggung jawab terhadap pelaksanaan tugas berlandaskan etika keilmuan, profesi, dan nilai-nilai keislaman serta berwawasan keindonesiaan.
Kompetensi Pendukung Lulusan:
- Menghasilkan tenaga peneliti di bidang ilmu matematika dan pendidikan matematika.
- Menghasilkan konsultan lembaga pendidikan.
- Menghasilkan pengembang media pembelajaran khususnya media pembelajaran matematika.
- Menghasilkan enterpreuner di bidang pendidikan.
- Menghasilkan motivator pendidikan
LEARNING OUTCOME
- Menguasai pengetahuan tentang filsafat pancasila, kewarganegaraan, wawasan kebangsaan (nasionalisme) dan globalisasi;
- Menguasai pengetahuan dan langkah-langkah dalam menyampaikan gagasan ilmiah secara lisan dan tertulis dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam perkembangan dunia akademik dan dunia kerja;
- Menguasai pengetahuan dan langkah-langkah berkomunikasi baik lisan maupun tulisan dengan menggunakan bahasa Arab dan Inggris dalam perkembangan dunia akademik dan dunia kerja;
- Menguasai pengetahuan dan langkah-langkah dalam mengembangkan pemikiran kritis, logis, kreatif, inovatif dan sistematis serta memiliki keingintahuan intelektual untuk memecahkan masalah pada tingkat individual dan kelompok dalam komunitas akademik dan non akademik;
- Menguasai pengetahuan dasar-dasar keislaman sebagai agama rahmatan lil ‘alamin;
- Menguasai pengetahuan dan langkah-langkah integrasi keilmuan (agama dan sains) sebagai paradigma keilmuan;
- Menguasai langkah-langkah mengidentifikasi ragam upaya wirausaha yang bercirikan inovasi dan kemandirian yang berlandaskan etika Islam, keilmuan, profesional, lokal, nasional dan global;
- Menguasai secara mendalam karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan kultural untuk kepentingan pembelajaran;
- Memberikan layanan pembelajaran matematika yang mendidik kepada peserta didik sesuai dengan karakteristiknya;
- Memfasilitasi pengembangan potensi sains bidang matematika peserta didik secara optimal;
- Menguasai landasan filosofis, yuridis, historis, sosiologis, kultural, psikologis, dan empiris dalam penyelenggaraanpendidikan dan pembelajaran matematika;
- Menguasai konsep, instrumentasi, dan praksis psikologi pendidikan dan bimbingan sebagai bagian dari pembelajaran matematika;
- Menguasai teori belajar dan pembelajaran matematika;
- Memilih secara adekuat pendekatan dan model pembelajaran, bahan ajar, dan penilaian untuk kepentingan pembelajaran matematika;
- Menerapkan teknologi informasi dan komunikasi dalam perencanaan pembelajaran, penyelenggaraan pembelajaran, evaluasi pembelajaran dan pengelolaan pembelajaran matematika;
- Memperbaiki dan/atau meningkatkan kualitas pembelajaran berdasarkan penilaian proses dan penilaian hasil belajar matematika;
- Menguasai tujuan, isi, pengalaman belajar, dan penilaian dalam kurikulum satuan pendidikan untuk mata pelajaran matematika;
- Melakukan pendalaman bidang kajian matematika sesuai dengan lingkungan dan perkembangan jaman;
- Menguasai integrasi teknologi, pedagogi, muatan keilmuan dana/atau keahlian, serta komunikasi dalam pembelajaran matematika;
- Mengembangkan kurikulum sesuai dengan bidang tugas dan mengelola kurikulum tingkat satuan pendidikan untuk mata pelajaran matematika;
- Menguasai konsep, metode keilmuan, substansi materi, struktur, dan pola pikir keilmuan matematika;
- Menguasai teori kewirausahaan pendidikan dalam kerangka pengembangan pembelajaran matematika yang kreatif dan inovatif.